Friday, April 4, 2008

Rosulullah Saw Paring Tulodho Ngatur Negari


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ اَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَ دِيْنِ الْحَقِّ
لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكاَفِرُوْنَ
أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ
وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ،
اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَاَصَحاَبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْساَنٍ إِلِى يَوْمِ الدِّيْنِ
فَياَ أَيُّهاَ النَّاسُ: أُصِيْكُمْ وَإِياَّيَ بِتَقْوَى اللهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
أَمَّابَعْدُ؛
قَالَ تَعَالَى
Firman Allah SWT,

Sedoyo puji namung Kagunganipun Allah SWT, Rabb ingkang sampun ngutus Kanjeng Nabi Muhammad Saw minongko uswah hasanah.
Sholawat sarto salam mugi katetepno dhumateng Nabi Muhamad Saw, ingkang sampun menyampaikan risalah, paring uswah hasanah mulai wonten ing babagan tata aturan kehidupan pribadi dumugi tata aturaning kemasyarakatan.
Dados kewajiban kita midherek dhawuhipun Allah soho Rosulipun, sarta nebihi punopo kemawon ingkang sampun dipun awisi.
Sidang Jum’ah Rohimakumullah,
Kawit krisis multi dimensi ingkang nempuh negeri kita, kita sampun ngraosaken makaping-kaping gantos reregan sedoyo kebutuhan. Ing mongko kesempatan kerja lan kesempatan berusaha inggih mboten terbuka luas, pramilo wajar menawi mboten sakedhik warga ingkang kesulitan nyekapi kabetahan pokokipun. Sinten ingkang mboten miris lan prihatos mireng pawartos bilih wonten setunggaling ibu ingkang nembe hamil 7 wulan dumuging tiwas kaliyan putranipun ingkang taksih yuswo 5 tahun amargi kelaparan ing Makasar (Metrotv, 1/3/08). Ing mongko dinten candhakipun dipun pawartosaken bilih Ketua Tim Penyelidikan kasus BLBI Urip Tri Gunawan ketangkap basah dening KPK naliko 2 Maret 2008 saweg nampi suap/sogokan 660 Dollar (watawis 6,1 milliar rupiah) ing griyanipun Syamsul Nursalim salah setunggaling obligor ageng BLBI ageng (Jawapos 3/3/08). Kanthi kahanan ingkang mekaten puniko temtu kathahipun tiyang sami supeket kaliyan pamanggihipun Prof Budi Winarno, Guru Besar FISIPOL-UGM, bilih “Indonesia Adalah Negara Yang Gagal” ? (KR, 27 Maret 2008).
Sidang Jum’ah Rohimakumullah,
Miturut Prof Budi Winarno (KR, 27 Maret 2008), estunipun Indonesia anggadhahi sumber ingkang melimpah ingkang kedahipun saget kangge menyelesaikan persoalan kemiskinan dan pengangguran, ananging sistem politik mboten anggadhahi komitmen ingkang saestu kangge menyelesaikan persoalan kasebat. Sumber daya alam tetap dados monopoli kelompok masyarakat tertentu (lan pemodal asing), saenggo masalah kemiskinan tetap dados masalah ingkang mboten rampung-rampung. Ing mongko elite politik mboten empati (roso pangroso), mboten respon dhumateng tuntutan rakyat (malah ngributaken gaji lan rebatan kursi). Sistem politik demokrasi pasca era reformasi mboten ndadosaken responsivitas dhumateng tuntutan-tuntutan masyarakat (kados dene minggahipun regi BBM, minyak tanah).
Sidang Jum’ah Rohimakumullah,
Muhammad Rosulullah Saw puniko uswah – teladan – tumrap sedoyo kaum muslimin ingkang tansah cumadhong ngajeng-ajeng rohmatipun Allah SWT
“Sungguh telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang-orang yang mengharapkan (rahmat) Allah dan (kedatangan) Hari Akhir.” (QS Al Ahzab 30: 21)
Muhammad Saw paring tulodho mboten namung ing babagan ibadah mahdhah (sholat, zakat, shoum, haji) ananging ugi ing bebrayan bale griyo, dumugi babagan bebrayan agung ing masyarakat lan ngatur ruwet rentenging negari. Nabi Saw sasampunipun hijrah ing Yastrib dipun tetepaken (dipun bai’at) dening penduduk Yastrib dados pemimpin ing Madinah. Minongko pemimpin ing negari Madinah, Nabi Muhammad Saw:
- Ngatur tata negari ing Madinah. Tata aturan negari puniko ngiket kaum muslimin (Muhajirin, Aus lan Khazraj), ugi tetiyang Yahudi (bani Nadhir, bani Qoinuqo, bani Nadhir) sarto penduduk Yastrib ingkang taksih musyrik.
- Ngawontenaken perjanjian kaliyan kabilah-kabilah ing sak njawi Madinah, kados dene perjanjian Hudaibiyah kaliyan Quraisy Makkah
- Ngawontenaken ekspedisi lan futuhat saengga negari Madinah tansoyo moncer lan dakwah Islam soyo sumebar ing jazirah Arab
- Ngangkat poro wali (setingkat propinsi) lan amil (setingkat kabupaten), kados dene ‘Amru bin Al-‘Ash dados amil ing Oman, al-‘Alla bin al-Hadramiy amil ing Bahrain
- Ngangkat pejabat lan petugas negari: qadhi (hakim) kados dene Muadz bin Jabbal lan Abu Musa al-Asy’ariy ing Yaman, ugi ngangkat petugas pemungut zakat, jizyah, kharaj, ‘usyur, fa’iy
- Musyawarah kaliyan poro shohabat ingkang pinunjul kangge ngrembag kemaslahatan ummat, kados dene Hamzah, Abu Bakar, ‘Umar, ‘Ali, Ibnu Mas’ud, Hudzaifah lan sapanunggalanipun
Nabi Muhammad Saw mrentahaken dhumateng poro wali supados ngajaraken al-Qur’an lan mahamaken masyarakat babagan agami, nyegah kemungkaran lan kezaliman kanthi tegas, narik zakat lan mbagekaken dhumateng 8 asnaf ingkang kasebat wonten ing al-Qur’an, saenggo rakyat ingkang mboten mampu saged kacekapan kabetahanipun. Wragat pangaturaning negari dipun cekapi kas Baitul Maal ingkang sumberipun sangking harta fa’iy, kharaj, jizyah lan ghanimah.
Pondasi tata negari puniko dipun terusaken dening poro khulafaurrasyidin. Kados dene Amirul Mukminin Umar bin Khattab ingkang nate paring hibah permodalan sangking kas Baitul Maal kangge mbiyantu para petani Irak nggarap lahanipun, sarto nglarang ngangguraken lahan tanpo dipun garap ngantos 3 tahun. Kanthi wontenipun subsidi lan larangan ngangguraken lahan puniko badhe ndorong produksi pertanian.
Nabi Muhammad Saw ugi nglarang praktik ikhtikar (penimbunan). Dipun riwayataken sangking Said Al-Musayyab, dari Mu'ammar ibn Abdullah, sabdanipun Rasulullah s.a.w., Ora keno wong kang nindakake penimbunan barang kejobo iku tumindak salah (dosa). (Shahih Muslim, Al Muzara'ah, hlm.157,158). Larangan puniko kalebet makanan ugi. Al Asram ngriwayataken sangking Abi Umamah: “Rasulullah saw. Sampun nglarang melarang penimbunan makanan.” Kanthi puniko penimbunan komoditas bahan pangan kalebet tindak kriminal ingkang kedah dipun ukum. Abdurrahman Malikiy wonten ing kitab (Nizham al 'Uqûbat, hal. 191) mratelakaken bilih hukuman kangge penimbun inggih puniko hukum cambuk lan penjara tiga tahun.
Kanthi larangan penimbunan bahan pangan saget kasedia lan mboten kedadosan reregan mboten badhe dipun permainkan.
Nabi Muhammad Saw ugi nglarang penguasaan sumber air dening person (swasta). “Al muslimuuna syuroka-u fii tsalatsin al ma-u wal kala-u wan-naar” (Kaum muslimin ersyarikat ing telung hal yaiku banyu, padang lan geni (HR Abu Dawud sangking Ibnu ‘Abbas). Ugi dipun riwayataken dening Ibnu Majah sangking Abu Hurairah bilih Nabi Saw ngendika “Telung werno kang ora keno diduweki sopo wae yaiku banyu, padang lapangan lan geni” (sumber air, hutan, sumber energi).
Kanthi mekaten sumber pengairan lan kangge kabetahan sanesipun kedah kasedia kangge masyarakat luas.
Sidang Jum’ah Rohimakumullah,
Punikolah uswah hasanah ingkang dipun contohaken dening Nabi Saw lan khulafaurrasyidin ing babagan ngatur negari lan kados pundi kebijakan politik negari kangge mendorong kacekapan kabetahan pangan kangge rakyatipun sae sangking dorongan produksi, anjagi distribusi, temtu taksih kathah malih menawi dipun pelajari. Islam diin ingkang sempurno, kangge ngatur sedoyo urusan sangking urusan pribadi, dumugi tata aturaning negari.
Kegagalan negari kados ingkang dipun sebataken dening Prof Budi Winarno ing ngajeng, tentu wonten sebabipun. Korupsi lan kolusi ingkang sakpuniko malah langkung nggilani, puniko salah setunggaling sebab. Ingkang langkung merusak kapitalisme global ingkang merasuki berbagai negara. Icalipun subsidi puniko tuntutan sangking IMF (ingkang dibackup negara-negara kapitalis). Penguasaan sumber daya alam (tambang, hutan,sumber air) ingkang dikuatkan mawi undang-undang puniko setunggaling cara imperialisme gaya baru.
Pramilo kito kedah wangsul dhumateng ajaranipun Rosulullah Saw, wangsul dhumateng tatanan kehidupan Islam lan mbucal tatanan kehidupan kapitalistik ingkang nyoto-nyoto menyengsarakan rakyat.
أَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللهِ حُكْمًا لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ
Apakah hukum Jahiliah yang kalian kehendaki? Siapakah yang lebih baik hukumnya daripada hukum Allah bagi orang-orang yang yakin? (QS al-Maidah [5]: 50).
Pepeling kangge poro pemimpin:
مَا مِنْ عَبْدٍ يَسْتَرْعِيهِ اللهُ رَعِيَّةً يَمُوتُ يَوْمَ يَمُوتُ وَهُوَ غَاشٌّ لِرَعِيَّتِهِ إِلاَّ حَرَّمَ اللهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ
Tidaklah seorang hamba yang diserahi Allah memelihara dan mengurus (kepentingan) rakyat lalu meninggal, sementara ia menipu rakyatnya, kecuali Allah mengharamkan atasnya surga. (HR Muslim, Ahmad, dan ad-Darimi).

Wednesday, April 2, 2008

Opini: Merangsang Produksi – Menata Mengamankan Distribusi

Merangsang Produksi Mengamankan Distribusi

Wahyudi Djafar dalam tulisannya “Membongkar Hegemoni Beras” (Sindo, 25/3) berpendapat bahwa beras mampu menjadi penggerak bangkitnya people power, karenanya demi menurunkan tingkat politisasi beras maka pemerintah memassifkan program diversifikasi pangan. Tulisan tersebut ditanggapi oleh Joni Murti Mulyo Aji dalam tulisannya ”Diversifikasi Saja Tidak Cukup” (Sindo, 27/3), yang berpendapat bahwa untuk mengurangi hegemoni beras hanya bisa dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi (termasuk diversivikasi pangan) dan memperbesar produksi. Namun untuk menggerakkan petani agar terus meningkatkan produksi, ketika harga rendah, sama saja dengan menggiring petani memasuki jurang kemiskinan. Karena itu diperlukan kemauan politis dari pemerintah untuk melaksanakan kewajiban stabilisasi harga gabah di tingkat petani.

Memproduktifkan Lahan Nganggur
Peningkatan produksi pertanian bisa dilakukan dengan cara intensifikasi untuk meningkatkan kemampuan produksi tanaman, maupun dengan cara ekstensifikasi untuk memperluas areal penanaman. Menurut Direktur Utama Perum Bulog Mustafa Abubakar, lahan pertanian pangan seluas 12 juta ha (Sindo, 30/3). Ekstensifikasi dengan pembukaan lahan pertanian baru memerlukan biaya yang mahal, sebagai gambaran pembukaan lahan baru seluas 5000 ha di Merauke Papua dibutuhkan dana sebesar Rp 400 miliar. Belum lagi masih harus bersaing dengan industri perkebunan sawit.
Pemanfaatan lahan tidur bisa sebagai alternatif perluasan areal pertanian tanpa pembukaan hutan. Akan tetapi hal itu memerlukan kebijakan dan peraturan khusus, misalnya larangan penelantaran lahan selama tiga tahun berturut-turut. Hal ini akan mengurangi penyusutan lahan produktif oleh sekedar untuk investasi tanah yang relatif aman dan menguntungkan. Dengan kata lain seseorang yang memiliki lahan akan didorong untuk memproduktifkan lahannya.

Subsidi untuk Mendorong Produksi Pertanian
Pengelolaan lahan pertanian memerlukan ketersediaan dan keterjangkauan sarana produksi. Untuk itu diperlukan penyediaan benih, pupuk dan obat-obatan, mesin-mesin pertanian dengan harga yang terjangkau. Sehingga subsidi untuk sarana-sara produksi pertanian memang menjadi sesuatu yang seharusnya ada untuk mendorong produksi pangan. Bahkan jika perlu berupa bantuan langsung misalnya berupa benih unggul. Subsidi di sektor hulu pertanian ini lebih logis karena secara tidak langsung juga akan dirasakan rakyat pada umumnya, berupa ketersediaan pangan murah.
Sebaliknya dengan peniadaan subsidi pada akhirnya juga memberatkan rakyat, karena harga produk pertanian relatif menjadi mahal. Sedangkan jika pemerintah hanya mengambil jalan pintas dengan mengimpor dari luar negeri tentu hal ini akan semakin menggencet nasib petani, karena harga produknya yang menjadi mahal oleh ketiadaan subsidi harus bersaing dengan produk impor yang secara kualitas bisa jadi lebih baik dan harga lebih murah.

Menata dan Mengamankan Distribusi
Produksi hasil pertanian pangan yang tinggi, tetap memerlukan perhatian untuk menjaga pasar dari praktik-praktik kecurangan penimbunan. Bukan mustahil kelaparan masih mungkin terjadi jika praktik penimbunan komoditas pangan tidak diberantas tuntas.

Khatimah
Walhasil, permasalahan rendahnya daya beli rakyat perlu diimbangi dengan mendorong peningkatan produksi pangan dan pemerataan distribusinya. Kita semua tentu tidak mengharapkan kasus kematian warga akibat kelaparan seperti kejadian seorang ibu yang sedang hamil 7 bulan dan anaknya berusia 5 tahun meninggal karena kelaparan (Metrotv, 1/3/08) di Makasar, anak 3 warga kampung Genteng, Kecamatan Cilamajang, Tasikmalaya (Republika, 11/03/08) terjadi lagi.
Sebagai catatan tambahan, kita perlu melanjutkan lebih jauh apa yang telah dirintis oleh Menteri Kesehatan Siti Fadhilah Supari dalam buku best seller-nya ”Saatnya Dunia Berubah”. Kita harus melawan kapitalisme global yang mencengkeram negeri ini. Tekanan asing untuk menghapus subsidi tidaklah tepat dituruti, karena akan menjadikan komoditas pertanian kita menjadi lebih mahal dari produk impor yang mereka gelontorkan. Sehingga bukan hanya kekayaan alam kita yang dikuras, tenaga kerja kita yang dihargai murah, tetapi lebih disempurnakan dengan menjadikan negeri kita pasar bagi produk-produk mereka. ”Saatnya dunia berubah, saatnya kita berpaling kembali kepada Islam”.

Khutbah: Puncak-Puncakipun Asil Sistem Pendidikan Islam, Februari 2008

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ اَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَ دِيْنِ الْحَقِّ
لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكاَفِرُوْنَ
أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ
وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ،
اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَاَصَحاَبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْساَنٍ إِلِى يَوْمِ الدِّيْنِ
فَياَ أَيُّهاَ النَّاسُ: أُصِيْكُمْ وَإِياَّيَ بِتَقْوَى اللهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اتَقُوا اللهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللهَ إِنَّ اللهَ خَبِيْرٌ بِمَا تَعْمَلُوْنَ.
أَمَّابَعْدُ؛

Qolallhohu Ta’ala fil Qur’anil adzim :
y7¯RÎ)ur 4’n?yès9 @,è=äz 5OŠÏàtã
Sedoyo puji namung kagunganipun Allah SWT ingkang tansah paring rahmat, ingkang sampun paring pitedah kanthi Al Qur’an lan sampun ngutus kanjeng Nabi Muhammad SAW. Sholawat sarto salam mugi katetepno dhumateng Kanjeng Nabi Muhamad Saw, ingkang sampun menyampaikan risalah, paring uswah hasanah mulai wonten ing babagan kehidupan pribadi dumugi tata aturaning kemasyarakatan.
Sampun dados kewajiban kita midherek dhawuhipun Allah soho Rosulipun, sarta nebihi punopo kemawon ingkang sampun dipun awisi. Pramilo monggo kito sami ngupados tambahan ngelmu kanthi tholabul ilmi, sarta anambahi kethoatan kito dhumateng Allah SWT.

Sidang jum’ah rohimakumullah,
Pendidikan puniko anggadhahi kalih tujuan ingkang utami, inggih puniko:
- Sepindah kangge mbangun kapribaden muslim kanthi landesan Aqidah Islam lan pengetahuan agami (tsaqofah Islam)
- Ingkang kaping kalehipun kangge membekali siswa iptek sarto ketrampilan kangge nyekapi kabetahaning agesang
Pramilo wajar menawi ing zaman kejayaan Islam, mboten ngemungno kekuasaan lan pengaruhipun ingkang wiar kanthi prajuritipun ingkang kiat, ananging ugi sumbangan dhumateng perkembangan ilmu pengetahuan ingkang dumugi sepriki taksih dipun akeni ing dunia pengetahuan kados dene Ibnu Sina. Poro ilmuwanipun disamping ahli kedokteran,biologi, matematika, falak ananging sekaligus ugi ahli agami.
Dados pendidikan ingkang sae puniko badhe ngasilaken insan ingkang anggadhahi ilmu agami ingkang dipun laksanaaken kanthi tho’at sekaligus anggadhahi pengetahuan lan ketrampilan kangge kacekapaning kabetahan pribadi lan masyarakat.
Puncak hasilipun mujtahid (ingkang mampu menjawab permalahan2 enggal kanthi netepi syara’), mujahid (ingkang ngicalakeng penghalang dakwah), kholifah (ingkang tanggel jawab sedoyo pelaksanaan syara’).

Sidang jum’ah rohimakumullah,
Allah SWT badhe maringi derajat ingkang inggil dhumateng tetiyang ingkang beriman lan berilmu. Surat Al Mujaadilah 58: 11

$pkš‰r'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) Ÿ@ŠÏ% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? †Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs¡øù$$sù Ëx¡øÿtƒ ª!$# öNä3s9 ( #sŒÎ)ur Ÿ@ŠÏ% (#râ“à±S$# (#râ“à±S$$sù Æìsùötƒ ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_u‘yŠ 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎Î7yz
Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
(Al Mujaadilah 58: 11)

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ.
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

Khutbah: Ulil Amri Wajib Anjagi Aqidah Ummat Sangking Aliran Sesat, Januari 2008

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ اَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَ دِيْنِ الْحَقِّ
لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكاَفِرُوْنَ
أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ
وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ،
اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَاَصَحاَبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْساَنٍ إِلِى يَوْمِ الدِّيْنِ
فَياَ أَيُّهاَ النَّاسُ: أُصِيْكُمْ وَإِياَّيَ بِتَقْوَى اللهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Qolallhohu Ta’ala fil Qur’anil adzim :

أَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللهِ حُكْمًا لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ

Sedoyo puji namung kagunganipun Allah SWT. Ingkang nyiptaaken, anggadhahi, lan ngatur alam raya. Dzat ingkang wajib dipun sembah, ingkang paring anugrah hidayah ingkang lurus, diin ingkang haq, lan risalah ingkang adil lan sempurno, Islam.
Shalawat sarto salam mugi tansah dipun limpahaken dhumateng sayyidul anbiya’ wal mursalin, Rosulullah Saw., sarta keluwarganipun, para sahabat, saha sedoyo penderekipun ingkang berjuang nyebaraken lan nerapaken risalah Islam dumugi saindenging bawono hinggo akhir zaman.

Sidang jum’ah rahimakumullah,
Nembe kemawon ummat Islam merayakan warso enggal 1429 Hijriyah, kanthi marupi-rupi coro kados dene pengaosan, dzikir nasional; ngantos perlombaan lan hiburan. Emanipun perkawis ingkang membahayakan Aqidah ummat kados dene tirakat wonten ing papan ingkang dipun anggep wingit lan larungan sesajen wonten ing laut kidul taksih dipun laksanakaken dening sebagian ummat Islam.
Kanthi mekaten taksih mbektahaken upaya dakwah ingkang saestu kangge memurnikan Aqidah Islam mengikis kesyirikan. Ing mongko kapercayan syirik lan kehidupan jahiliyah puniko justru ingkang dipun tebihi Nabi lan poro sohabat kanthi hijrah.

Sidang jum’ah rahimakumullah,
Kapercayan syirik lan budaya jahiliyah ing Makkah naliko semanten saestu ndamel prihatos Kanjeng Nabi Muhammad Saw. Kanjeng Nabi tansah paring pitedah dhumateng Bani Abdul Mutholib, Bani Hasyim, lan sedoyo suku-suku ing Makkah sak kiwo tengenipun supados ninggalaken kapercayan syirik lan kehidupan jahiliyah. Ninggalaken nyembah braholo, ninggalaken budaya pelacuran, ninggalaken budaya mejahi bayi setri, ninggalaken cara dedagangan kanthi apus-apus lan curang ing timbangan, lan tata cara kehidupan jahiliyah sanesipun. Kanjeng Nabi Saw angajak dhumateng Aqidah Islam lan ngajaraken tata cara gesang Islam.
Ananging poro kafir Quraisy malah menentang lan ngalang-alangi kanthi mawerni-werni coro : fitnahan, boikot, siksaan dumugi syahid dipun laksanakaken tumuju poro sahabat. Sahinggo Allah SWT mrintahaken hijrah tumuju ing Yastrib.

Sidang jum’ah rahimakumullah,
Ajaran Islam ing Yastrib, dipun sambut dening penduduk suku Aus lan Khazraj. Kanjeng Nabi Muhammad Saw dipun sengkuyung dados panguwaos hukum Madinaturrasul, ingkang dipun baiat dening suku Aus lan Khazraj ingkang ngrasuk Islam. Kanthi Piagam Madinah Kanjeng Nabi Saw selaku kepala negara ugi dipun thoati dening suku Aus lan Khazraj ingkang taksih musyrik sarto suku-suku Yahudi Bani Nadhir., Bani Qiraizah lan Bani Qainuqo.
Kanthi pelaksanaan hukum Allah ing Madinah puniko Aqidah ummat kajagi, agami Islam kajagi, nyawa ummat kajagi, harta ummat kajagi, kehormatan ummat kajagi. Mboten wonten ingkang nyikso ummat Islam supados wangsul dhumateng kesyirikan, mboten wonten ingkang ngalang-alangi penerapan syariat Islam, mboten wonten ingkang ngrampas harta ummat Islam, mboten wonten ingkang mrawoso kehormatan ummat Islam.
Malah kanthi hijrahipun Kanjeng Nabi Saw lan poro sohabat ing Madinah, penyebaran lan pelaksanaan ajaran agami Islam sampun mboten wonten malih ingkang ngalang-alangi. Wonten ing tata aturaning kemasyarakatan, tetiyang musyrik tunduk dhumateng hukumipun Kanjeng Nabi Saw kados kaebat ing Piagam Madinah. Mengsah ingkang ngancam kantun saking njawi kitho Madinah, antawisipun sangking Makkah ingkang samangkenipun inggih dipun tundukaken kanthi peristiwa Fathu Makkah.
Salajengipun kekuasaan Islam terus sumebar ing jazirah Arab (zaman Nabi Muhammad Saw), nundhukkaken Persia, Mesir, Asia Kecil (zaman Khulafaurrasyidin), Konstantinopel (Byzantium), Spanyol (Eropa Barat) zaman kekhilafahan Bani Umayyah – Bani Abassiyah – Utsmaniyah. Ateges hijrah punikolah batu loncatan keberhasilan futuhat Islam (penyebaran Islam) dumugi sakindenging bawono.

Sidang jum’ah rahimakumullah,
Wangsul ing kahanan sakpuniko, temtu mrihatosaken menawi pepengetan Tahun Hijriyah malah dipun leksanaaken kanthi ritual kesyirikan, hiburan ingkang nglanggar paugeran syara’. Temtu puniko tebih sangking pelajaran ingkang kedahipun saget kito pendhet sangking hijrahipun Nabi Saw. Puniko dados peer kito sedoyo, poro mubaligh, organisasi dakwah, lan sedoyo ummat Islam.

Sidang jum’ah rahimakumullah,
Perkawis ingkang ngrisak Aqidah mboten ngemungno ritual syirik kados ingkang kasebat ing ngajeng. Ngantos sakpuniko usulan ummat Islam dhumateng pamarentah supados melarang ajaran Ahmadiyah ingkang melenceng sangking Aqidah Islam, ugi dereng dipun putusaken dening pamarentah. Ing mongko ing asalipun Pakistan kemawon puniko mboten dipun lebetaken golongan Islam, ateges dipun anggep agami piyambak mboten kalebet agami Islam awit kapercayanipun dhumateng Mirza Ghulam Ahmad pendirinipun.
Ing mongko ajaranipun Nabi Muhammad Saw jelas saksinteno tetiyang ingkang murtad sangking Islam kedah dipun ukum. Kanjeng Nabi Saw nate mrintahaken pasukan kaum muslimin supados ngukum Musailamah Al Kadzab awit ngaken Nabi angsal wahyu. Kanthi mekaten, mbrasto ajaran sesat kados dene Ahmadiyah, ugi Qiyadah Islamiyah ingkang kepengker; puniko tugasipun amirul mukminin, tugasipun ulil amri ingkang njunjung aturan Islam. Pramilo wontenipun ulil amri amri ingkang badhe ngatur masyarakat kanthi aturan Islam puniko setunggalipun kewajiban ingkang kedah dipun wujudaken, supados kita saget ngeleksanakaken prentahipun Allah SWT ing Surat Ali Imran 59:

$pkš‰r'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä (#qãè‹ÏÛr& ©!$# (#qãè‹ÏÛr&ur tAqß™§9$# ’Í<'ré&ur ͐öDF{$# óOä3ZÏB ( bÎ*sù ÷Läêôãt“»uZs? ’Îû &äóÓx« çnr–Šãsù ’n<Î) «!$# ÉAqß™§9$#ur bÎ) ÷LäêYä. tbqãZÏB÷sè? «!$$Î/ ÏQöqu‹ø9$#ur ̍ÅzFy$# 4 y7Ï9ºsŒ ׎öyz ß`¡ômr&ur ¸xƒÍrù's?
Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. (TQS Ali Imran (4) : 59)
Ulil amri ingkang ngleksanakaken hukumipun Allah SWT punikolah ingkang badhe anjagi aqidah ummat, anjagi nyawa ummat Islam, harta ummat sarto kehormatan ummat. Sanes tata aturan masyarakat ingkang justru ngrisak Aqidah, mboten melindungi nyawa lan kehormatan ummat Islam.

أَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللهِ حُكْمًا لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ
Apakah hukum Jahiliah yang kalian kehendaki? Siapakah yang lebih baik hukumnya daripada hukum Allah bagi orang-orang yang yakin? (QS al-Maidah [5]: 50).

Khutbah: Hijrah Dados Titik Tolak Kejayaan Islam, Januari 2008

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ اَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَ دِيْنِ الْحَقِّ
لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكاَفِرُوْنَ
أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ
وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ،
اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَاَصَحاَبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْساَنٍ إِلِى يَوْمِ الدِّيْنِ
فَياَ أَيُّهاَ النَّاسُ: أُصِيْكُمْ وَإِياَّيَ بِتَقْوَى اللهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Qolallhohu Ta’ala fil Qur’anil adzim :
z أَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللهِ حُكْمًا لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ
Sedoyo puji namung kagunganipun Allah SWT. Ingkang nyiptaaken, anggadhahi, lan ngatur alam raya. Dzat ingkang wajib dipun sembah, ingkang paring anugrah hidayah ingkang lurus, diin ingkang haq, lan risalah ingkang adil lan sempurno, Islam.
Shalawat sarto salam mugi tansah dipun limpahaken dhumateng sayyidul anbiya’ wal mursalin, Rosulullah Saw., sarta keluwarganipun, para sahabat, saha sedoyo penderekipun ingkang berjuang nyebaraken lan nerapaken risalah Islam dumugi saindenging bawono hinggo akhir zaman.

Sidang jum’ah rahimakumullah,
Baru saja kita memperingati Tahun Baru Hijriyah 1429, dengan berbagai kegiatan; mulai dari muhâsabah (perenungan), zikir akbar hingga berbagai festival seni dan budaya islami. Semua itu dilakukan dalam rangka menumbuhkan kecintaan pada penanggalan tahun Islam, serta untuk menyegarkan kembali pemahaman kaum Muslim terhadap satu peristiwa besar, yakni hijrahnya Rasulullah saw. dan para Sahabat ra. dari Makkah ke Madinah.
Ada nilai istimewa untuk kita renungkan dari peristiwa hijrah Nabi dan para sahabat, serta bagaimana menjadikan Tahun Baru Hijrah sebagai momentum untuk melakukan perubahan nyata menuju kondisi masyarakat yang lebih baik.

Sidang jum’ah rahimakumullah,
Peringatan Tahun Baru Hijrah adalah terkait dengan peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw. dari Makkah ke Madinah. Peristiwa hijrah tersebut dipahami sebagai titik baru perubahan menuju terwujudnya kondisi masyarakarat yang lebih baik.
Selama berdakwah di Makkah, Rasulullah saw. banyak mengalami kendala berupa tantangan dan ancaman dari masyarakatnya sendiri, kaum kafir Quraisy. Kondisi buruk itu terus berlangsung selama 13 tahun sejak Nabi Muhammad saw. menerima risalah kerasulan. Keburukan sistem Jahiliah yang dijaga oleh para penguasa Makkah ini telah menutup segala upaya perubahan yang oleh dibimbing wahyu.
Namun, cahaya harapan baru mulai bersinar di Madinah. Adanya kekuatan Islam yang secara nyata di Madinah, dan kesanggupan masyarakat Madinah untuk menerima Rasulullah sebagai pimpinan dalam menata kehidupan bermasyarakat, merupakan pendorong bagi Rasulullah untuk hijrah.
Hijrahnya Rasulullah ke Madinah, di samping karena perintah Allah SWT, juga demi keberhasilan dakwahnya untuk menata masyarakat yang lebih baik berdasarkan syariah Allah dalam wadah Daulah Islamiyah. Hijrah tersebut juga merupakan batas pemisah tahapan-tahapan dakwah Rasulullah, yaitu dari dakwah secara fikriyyah (pemikiran) ke sebuah kekuatan politik yang mampu menerapkan sekaligus menyebarluaskan Islam melalui jalan dakwah dan jihad.

Makna Syar‘i Hijrah
Kata hijrah merupakan isim dari fi’il hajara, maknanya dhiddu al-washal (lawan dari melanjutkan, meneruskan), yaitu berhenti dan meninggalkan.
Menurut istilah umum, al-hijrah bermakna keluar atau berpindah (al-intiqal) dari satu tempat/keadaan ke tempat/keadaan yang lain;
Adapun hijrah dalam makna syar’i, menurut al-Jurjani, ulama Hanabilah, dan Hanafiah, adalah meninggalkan negeri yang berada di di tengah kaum kafir dan berpindah ke Dar al-Islam. Artinya secara syar’i hijrah adalah keluar dari dar al kufr menuju Dar al-islam.

Penetapan suatu negeri termasuk Darul Islam atau darul kufur disandarkan pada dua perkara: (1) Hukum yang diberlakukan di negeri itu, apakah hukum Islam atau bukan; (2) Keamanan di negeri itu, berada dalam kekuasaan kaum Muslim ataukah pihak asing. Jika suatu negeri menerapkan hukum Islam dan keamanannya berada di tangan kaum Muslim maka ia disebut darul Islam. Namun, jika salah satu unsur itu tidak terpenuhi maka negeri itu menjadi darul kufur.
Definisi hijrah semacam ini diambil dari fakta hijrah Nabi saw. sendiri dari Makkah (yang saat itu merupakan darul kufur) ke Madinah (yang kemudian menjadi Darul Islam). Artinya, Rasulullah berpindah dari satu negeri yang menerapkan sistem Jahiliah ke negeri yang kemudian menerapkan sistem Islam. Hijrah semacam inilah yang seharusnya juga dilakukan kembali oleh kaum Muslim saat ini, sesuai dengan hakikat hijrah yang pernah dilakukan oleh Rasulullah dan para Sahabat itu. Caranya adalah dengan mengubah negeri-negeri kaum Muslim yang saat ini bersandar pada sistem sekular menjadi sebuah institusi negara—yakni Daulah Khilafah Islamiyah—yang menjalankan sistem hukum yang berdasarkan Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya.
Dengan demikian, hijrah semestinya menjadi momentum bagi kembalinya sistem Islam ke tengah-tengah kaum Muslim, yakni dengan kembali menerapkan syariah Islam dalam kehidupan. Hal ini tidak mungkin mampu diwujudkan kecuali dalam institusi Daulah Khilafah Islamiyah. Karena itu, penegakan Daulah Khilafah Islamiyah sudah semestinya menjadi agenda utama perjuangan seluruh komponen umat Islam. Sebab, hanya dengan berhijrah mewujudkan Daulah Khilafah Islamiyah inilah umat Islam akan kembali menjadi umat terbaik yang memimpin dunia dengan syariah-Nya.

Hijrah: Titik Tolak Kejayaan Islam
Hijrah Rasulullah saw. ke Madinah merupakan titik balik perubahan menuju terwujudnya kejayaan Islam setelah kurang lebih 13 tahun diperjuangkan oleh Beliau di Makkah. Sejak hijrah yang diikuti dengan pembentukan Daulah Islamiyah di Madinah, Islam mengalami perkembangan luar biasa. Bahkan hanya dalam kurun waktu 10 tahun kepemimpinan Rasulullah saw. di Madinah, Islam telah tersebar di seluruh Jazirah Arab.
Setelah Rasulullah saw. wafat, yakni pada masa Khulafaur Rasyidin, kekuasan Islam semakin merambah ke luar Jazirah Arab. Bahkan pasca Khulafahur Rasyidin, yakni pada masa Kekhalifahan Umayah, Abasiyah, dan Utsmaniyah yang terakhir, kekuasaan Islam hampir meliputi 2/3 dunia. Islam bukan hanya berkuasa di Jazirah Arab dan seluruh Timur Tengah, tetapi juga menyebar ke Afrika dan Asia Tengah; bahkan mampu menembus ke jantung Eropa. Kekuasaan Islam bahkan pernah berpusat di Andalusia, Spanyol. Saat itu Khilafah Islamiyah menjadi negara adidaya yang mampu mewujudkan Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin melalui penerapan syariah secara kâffah dalam pendidikan, ekonomi, politik, sosial budaya, hukum, hubungan luar negeri, dakwah, jihad, dan sebagainya.
Hal ini berbeda 180 derajat dengan kondisi kaum Muslim saat ini. Sejak runtuhnya Khilafah Islamiyah pada tahun 1924, kaum Muslim mengalami kemunduran yang sangat tragis. Mereka terpecah-belah dalam sekat-sekat nasionalisme; dalam lebih dari 50 negara. Cengkeraman kafir penjajah sudah begitu kuat. Akibatnya, kondisi politik dan sosial ekonomi negeri-negeri Muslim sungguh sangat memprihatinkan. Sebagiannya dijajah secara militer, seperti yang terjadi di Irak, Afganistan, dan Palestina. Sebagian lainnya seperti Mesir, Saudi, Indonesia, dan sebagainya dijajah secara politik dan ekonomi. Umat Islam menjadi pihak yang tertindas di negeri mereka sendiri. Keadaan ini secara jelas telah dikabarkan oleh Rasulullah saw.:

يُوشِكُ اْلأُمَمُ أَنْ تَدَاعَى عَلَيْكُمْ كَمَا تَدَاعَى اْلأَكَلَةُ إِلَى قَصْعَتِهَا. فَقَالَ قَائِلٌ: وَمِنْ قِلَّةٍ نَحْنُ يَوْمَئِذٍ؟ قَالَ: بَلْ أَنْتُمْ يَوْمَئِذٍ كَثِيرٌ وَلَكِنَّكُمْ غُثَاءٌ كَغُثَاءِ السَّيْلِ
“Berbagai bangsa akan mengerubuti kalian sebagaimana orang-orang rakus mengerubuti makanan.” Seseorang bertanya, “Apakah karena jumlah kami sedikit pada saat itu?” Rasul saw. menjawab, “Kalian pada saat itu bahkan berjumlah banyak. Namun, kalian seperti buih di lautan.” (HR Abu Dawud dan Ahmad).

Dalam sistem ekonomi, pilar penting sistem Jahiliyah dulu adalah riba, kecurangan (kecaman dalam Surah al-Muthaffifiin), upaya menghalalkan segala cara dan penumpukan kekayaan para elit-elit terkemuka masyarakat. Hal yang sama terjadi pada kondisi ummat Islam dengan sistem kapitalistik saat ini.
Dalam bidang sosial budaya, di zaman Jahiliyah pelacuran dan perzinahan merajalela, membudaya, rumah-rumah pelacur diberi tanda khusus. Kondisi saat ini tidak jauh berbeda, pelacuran dilindungi dengan cara lokalisasi, Kemaksiyatan dilehgalisasi dengan alasan meraih keuntungan pajak, yang juga tidak jelas penggunaannya.
Dalam sistem politik, di zaman jahiliyah kedaulatan membuat hukum pada saat itu ada di tangan pemuka-pemuka masyarakat atau elit politik. Hukum ditentukan oleh mereka berdasarkan hawa nafsu. Tidak jauh berbeda dengan sistem demokrasi sekarang yang menjadikan manusia manusia menjadi sumber hukum atas nama kedaulatan rakyat. Padahal realitasnya yang mengambil keputusan bukanlah rakyat, tetapi elit politik dengan mengatasnamakan rakyat. Tidak aneh keputusan yang diambil oleh para elit politik di parlemen justru bertentangan dengan kepentingan rakyat. Sistem jahiliyah dan demokrasi esensinya sama, yakni menjadikan manusia, tepatnya hawa nafsu manusia, sebagai sumber hukum.
Berdasarkan pemaparan di atas, peringatan peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw. sudah saatnya dijadikan sebagai momentum untuk segera meninggalkan sistem Jahiliah, yakni sistem kapitalis-sekular yang diberlakukan saat ini, menuju sistem Islam. Apalagi telah terbukti, sistem kapitalis-sekular itu telah menimbulkan banyak penderitaan bagi kaum Muslim.
Awal tahun Tahun Baru Hijrah dan hari-hari kedepan adalah hari untuk menggelorakan kebangkitan Islam menuju perubahan hakiki dan mendasar. Perubahan yang hakiki adalah perubahan yang dapat menyelesaikan secara tuntas seluruh persoalan kaum Muslim di seluruh dunia saat ini. Perubahan semacam itu tidak mungkin tercapai kecuali dengan dua hal sekaligus. Pertama: membangun kekuatan politik internasional Khilafah Islamiyah yang menyatukan seluruh potensi kaum Muslim, baik sumberdaya alam maupun sumberdaya manusianya. Kedua: menerapkan syariah Islam secara kâffah dalam Khilafah Islamiyah tersebut. Syariah Islam akan mampu menyelesaikan berbagai problem sosial, budaya, ekonomi, politik, hankam, pendidikan, hukum pidana, dakwah, jihad, dan sebagainya. Hanya dengan cara inilah kaum Muslim akan mampu mengakhiri kondisi buruknya di bawah hegemoni sistem Kapitalisme global menuju kehidupan mulia dan bermartabat di bawah payung institusi global Khilafah Islamiyah.
أَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللهِ حُكْمًا لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ
Apakah hukum Jahiliah yang kalian kehendaki? Siapakah yang lebih baik hukumnya daripada hukum Allah bagi orang-orang yang yakin? (QS al-Maidah [5]: 50).

Khutbah: Qurban – Tulodho Ketho’atan Dhumateng Dhawuhipun Allah SWT, Desember 2007

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ اَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَ دِيْنِ الْحَقِّ
لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكاَفِرُوْنَ
أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ
وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ،
اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَاَصَحاَبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْساَنٍ إِلِى يَوْمِ الدِّيْنِ
فَياَ أَيُّهاَ النَّاسُ: أُصِيْكُمْ وَإِياَّيَ بِتَقْوَى اللهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Qolallhohu Ta’ala fil Qur’anil adzim :

Èbr&ur Nä3ôm$# NæhuZ÷t/ !$yJÎ/ tAt“Rr& ª!$# Ÿwur ôìÎ7®Ks? öNèduä!#uq÷dr& öNèdö‘x‹÷n$#ur br& š‚qãZÏFøÿtƒ .`tã ÇÙ÷èt/ !$tB tAt“Rr& ª!$# y7ø‹s9Î) ( bÎ*sù (#öq©9uqs? öNn=÷æ$$sù $uK¯Rr& ߉ƒÌãƒ ª!$# br& Nåkz:ÅÁムÇÙ÷èt7Î/ öNÍkÍ5qçRèŒ 3 ¨bÎ)ur #ZŽÏWx. z`ÏiB Ĩ$¨Z9$# tbqà)Å¡»xÿs9

Sedoyo puji namung kagunganipun Allah SWT. Ingkang nyiptaaken, anggadhahi, lan ngatur alam raya. Dzat ingkang wajib dipun sembah, ingkang paring anugrah hidayah ingkang lurus, diin ingkang haq, lan risalah ingkang adil lan sempurno, Islam.
Shalawat sarto salam mugi tansah dipun limpahaken dhumateng sayyidul anbiya’ wal mursalin, Rosulullah Saw., sarta keluwarganipun, para sahabat, saha sedoyo penderekipun ingkang berjuang nyebaraken lan nerapaken risalah Islam dumugi saindenging bawono hinggo akhir zaman.

Sidang jum’ah rahimakumullah,
Nembe kemawon ummat Islam merayakan ’Iedul Adha, kanthi nindakaken sholat ’Ied, sarto takbir ngagungaken asmanipun Allah soho nyembelih hewan qurban, dumugi samangke akhiripun dinten tasyrik. Amalan kolo sewau wujud keimanan lan ketho’atan dhumateng dhawuhipun Allah SWT ingkang dipun contohaken dening Kanjeng Nabi Muhammad Saw.

ô‰s)©9 tb%x. öNä3s9 ’Îû ÉAqß™u‘ «!$# îouqó™é& ×puZ¡ym `yJÏj9 tb%x. (#qã_ötƒ ©!$# tPöqu‹ø9$#ur tÅzFy$# tx.sŒur ©!$# #ZŽÏVx.
Sesungguhnya Telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (TQS Al Ahzab: 21)

Kita mangertos bilih Kanjeng Nabi Muhammad Saw sampun paring dhawuh lan tulodho wonten ing samubarang kalir urusanipun gesang. Sangking perkawis pangibadahan kados dene sholat, takbir, qurban, haji lan sapanunggipun; dumugi perkawis aturan halal haram dhedhaharan, aturan nyenyandang, aturan tata pergaulan, muamalah, hudud (pidana), lan sapanunggalanipun; ingkang sedoyo wau nggambaraken kasampurnaning Islam kangge pedoman lan aturaning gesang pribadi lan kemasyarakatan.

4 tPöqu‹ø9$# àMù=yJø.r& öNä3s9 öNä3oYƒÏŠ àMôJoÿøCr&ur öNä3ø‹n=tæ ÓÉLyJ÷èÏR àMŠÅÊu‘ur ãNä3s9 zN»n=ó™M}$# $YYƒÏŠ 4 Ç`yJsù §äÜôÊ$# ’Îû >pÁuKøƒxC uŽöxî 7#ÏR$yftGãB 5OøO\b} ¨bÎ*sù ©!$# Ö‘qàÿxî ÒO‹Ïm§‘ ÇÌÈ
... pada hari Ini Telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan Telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan Telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa[398] Karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (TQS Al Maidah: 3).

$yg•ƒr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=äz÷Š$# ’Îû ÉOù=Åb¡9$# Zp©ù!$Ÿ2 Ÿwur (#qãèÎ6®Ks? ÅVºuqäÜäz Ç`»sÜø‹¤±9$# 4 ¼çm¯RÎ) öNà6s9 Ar߉tã ×ûüÎ7•B
Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (TQS Al Baqarah 2: 208).


Sidang jum’ah rahimakumullah,
Menawi kita mendhet ibrah sangking kisah kethaatanipun Kanjeng Nabi Ibrahim as. Sarto putranipun Nabi Ismail as., wonten tulodho ingkang saestu sae kangge mupuk keimanan kita ummat Islam. Natkolo Kanjeng Nabi Irahim as. Dipun dhawuhi dening Allah SWT supados nyembelih putranipun, tanpo ragu-ragu Nabi Ibrahim sarto Nabi Ismail age-age nindakaken dhawuhipun Allah SWT; sinaoso Nabi Ibrahim kecalan putro ingkang sampun dangu dipun gadhang lan sinaoso Nabi Ismail kecalan jiwanipun. Setunggaling tulodho pengorbanan kangge kethoatan dhumateng dhawuhipun Allah SWT.

$¬Hs>sù x÷n=t/ çmyètB zÓ÷ë¡¡9$# tA$s% ¢Óo_ç6»tƒ þ’ÎoTÎ) 3“u‘r& ’Îû ÏQ$uZyJø9$# þ’ÎoTr& y7çtr2øŒr& öÝàR$$sù #sŒ$tB 2”ts? 4 tA$s% ÏMt/r'¯»tƒ ö@yèøù$# $tB ãtB÷sè? ( þ’ÎT߉ÉftFy™ bÎ) uä!$x© ª!$# z`ÏB tûïÎŽÉ9»¢Á9$#
Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku Sesungguhnya Aku melihat dalam mimpi bahwa Aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar" (TQS Ashaffat 37: 102).

Sidang jum’ah rahimakumullah,
Ketundhukan, pengorbanan ingkang dipun laksanaaken dening Kanjeng Nabi Ibrahim as lan Nabi Ismail as estu tepo palupi ingkang utami.
Kita sedoyo ummat Islam inggih anggadhahi kewajiban ingkang dipun perintahaken syara’ kangge li i’la likalimatillah, nginggilaken syiar Islam, negakkaken kehidupan Islam kanthi nerapaken sedoyo syariat Islam.
Èbr&ur Nä3ôm$# NæhuZ÷t/ !$yJÎ/ tAt“Rr& ª!$# Ÿwur ôìÎ7®Ks? öNèduä!#uq÷dr& öNèdö‘x‹÷n$#ur br& š‚qãZÏFøÿtƒ .`tã ÇÙ÷èt/ !$tB tAt“Rr& ª!$# y7ø‹s9Î) ( bÎ*sù (#öq©9uqs? öNn=÷æ$$sù $uK¯Rr& ߉ƒÌãƒ ª!$# br& Nåkz:ÅÁムÇÙ÷èt7Î/ öNÍkÍ5qçRèŒ 3 ¨bÎ)ur #ZŽÏWx. z`ÏiB Ĩ$¨Z9$# tbqà)Å¡»xÿs9 ÇÍÒÈ
Dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang Telah diturunkan Allah kepadamu. jika mereka berpaling (dari hukum yang Telah diturunkan Allah), Maka Ketahuilah bahwa Sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan mushibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. dan Sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik. (TQS Al Maidah 5: 49)

Fatwa MUI Tentang Aliran Sesat, November 2007

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ اَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَ دِيْنِ الْحَقِّ
لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكاَفِرُوْنَ
أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ
وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ،
اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَاَصَحاَبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْساَنٍ إِلِى يَوْمِ الدِّيْنِ
فَياَ أَيُّهاَ النَّاسُ: أُصِيْكُمْ وَإِياَّيَ بِتَقْوَى اللهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Qolallhohu Ta’ala fil Qur’anil adzim :

$¨B tb%x. JptèC !$t/r& 7‰tnr& `ÏiB öNä3Ï9%y`Íh‘ `Å3»s9ur tAqß™§‘ «!$# zOs?$yzur z`¿ÍhŠÎ;¨Y9$# 3 tb%x.ur ª!$# Èe@ä3Î/ >äóÓx« $VJŠÎ=tã
Majelis Ulama Indonesia (MUI) menetapkan 10 kriteria pedoman agar tidak tersesat. Pedoman identifikasi aliran sesat dikemukakan dalam penutupan rakernas MUI di Hotel Sari Pan Pacific, Jl MH Thamrin, Jakarta, Selasa (6/11/2007).Berikut kriterianya:1. Mengingkari salah satu dari rukun iman yang 6.2. Meyakini dan atau mengikuti aqidah yang tidak sesuai dengan Alquran dan sunnah.3. Meyakini turunnya wahyu setelah Alquran.4. Mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Alquran.5. Melakukan penafsiran Alquran yang tidak berdasarkan kaidah-kaidah tafsir.6. Mengingkari kedudukan hadis nabi sebagai sumber ajaran Islam.7. Menghina, melecehkan dan atau merendahkan para nabi dan rasul.8. Mengingkari Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul terakhir.9. Mengubah, menambah dan atau mengurangi pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan oleh syariah, seperti haji tidak ke baitullah, salat wajib tidak 5 waktu.10. Mengkafirkan sesama muslim tanpa dalil syar'i seperti mengkafirkan muslim hanya karena bukan kelompoknya.
(detikcom 06/11/2007 12:32 WIB)

PERNYATAAN BERSAMA FORUM UMAT ISLAMBERKENAAN DENGAN MUNCULNYA NABI PALSU & ALIRAN SESAT
Jelas munculnya pengakuan suatu kelompok atas seseorang sebagai Rasul yang diutus dengan suatu syahadat adalah suatu bentuk kemungkaran yang merusak kesucian aqidah Islam yang hanya mengakui Nabi Muhammad saw. sebagai Nabi dan Rasul terakhir dan tidak akan ada Nabi/Rasul lagi sesudah beliau saw. sebagaimana firman Allah SWT:
$¨B tb%x. JptèC !$t/r& 7‰tnr& `ÏiB öNä3Ï9%y`Íh‘ `Å3»s9ur tAqß™§‘ «!$# zOs?$yzur z`¿ÍhŠÎ;¨Y9$# 3 tb%x.ur ª!$# Èe@ä3Î/ >äóÓx« $VJŠÎ=tã
Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu (QS. AL Ahzab 40).

Juga menikam hadits Rasulullah saw.:
كَانَتْ بَنُو إِسْرَائِيلَ تَسُوسُهُمْ اْلأَنْبِيَاءُ كُلَّمَا هَلَكَ نَبِيٌّ خَلَفَهُ نَبِيٌّ وَإِنَّهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدِي وَسَيَكُونُ خُلَفَاءُ فَيَكْثُرُونَ قَالُوا فَمَا تَأْمُرُنَا قَالَ فُوا بِبَيْعَةِ اْلأَوَّلِ فَاْلأَوَّلِ أَعْطُوهُمْ حَقَّهُمْ فَإِنَّ اللهَ سَائِلُهُمْ عَمَّا اسْتَرْعَاهُمْ
“Dulu Bani Israil diurus dan dipelihara dan dipelihara oleh para Nabi. Setiap kali seorang Nabi meninggal, Nabi yang lain menggantikannya. Sesungguhnya tidak ada Nabi sesudahku dan akan ada para khalifah, yang berjumlah banyak” Para sahabat bertanya “Lalu apa yang engkau perintahkan kepada kami?” Nabi saw. Bersabda: “Penuhilah baiat yang pertama saja, dan berikanlah kepada mereka yang berhak. Sesungguhnya Allah akan meminta pertanggungjawaban mereka atas apa saja yang mereka urus”. (HR.Sahih Al Bukhari, Juz 11/271).

Untuk menjaga kemurnian dan kebersihan aqidah masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim ini serta dalam rangka menghentikan proses perusakan dan penghancuran aqidah masyarakat di Negara muslim terbesar di dunia ini, maka FORUM UMAT ISLAM menyatakan:
Kelompok yang menamakan dirinya “Al Qiyadah” (Kepemimpinan) yang telah mendeklarasikan pemimpinnya Ahmad Mosadeq sebagai Rasul baru adalah kelompok sesat dan menyesatkan.
Kelompok ini dan siapapun yang di belakangnya telah sengaja secara keji menodai dan merusak aqidah umat Islam.
Kelompok ini dan siapapun yang di belakangnya telah sengaja secara keji memberikan citra buruk kepada ormas/partai/kelompok yang memiliki identitas Islam dengan telah mencatut nama yang baik Al Qiyadah, sebagaimana pencatutan nama untuk membuat citra buruk seperti “Komando Jihad”, “Al Jamaah Al Islamiyyah”.
Untuk itu FUI menyerukan :
Kepada para ulama dan pimpinan ormas Islam agar merapatkan barisan dan mempererat ukhuwah Islamiyah dalam menangkal bahaya kelompok sesat tersebut maupun lainnya.
Kepada para ulama dan pimpinan ormas Islam agar meningkatkan pembinaan aqidah dan syariah Islam kepada umat agar memiliki kesadaran yang utuh terhadap aqidah dan syariah sebagai kesempurnaan agama Islam yang dipeluknya sehingga dapat membentengi diri dari pengaruh buruk aliran sesat dan menyesatkan.
Kepada Pemerintah RI/Kapolri/Jaksa Agung untuk segera membubarkan kelompok sesat dan menyesatkan tersebut serta menangkap para pemimpinnya serta membongkar konspirasi dan dalang yang ada di belakangnya karena telah melakukan penodaan agama Islam .
Wassalamu’alaikum wr.wb.
Jakarta, 15 Syawal 1428H/26 Oktober 2007
Atas Nama Umat Islam Indonesia
Ketua FUI Sekjen FUI Mashadi Moh. Al- Khathath

Dewan Pimpinan Majels Ulama Indonesia D.I. Yogyakarta pada tanggal 28 September 2007, menegluarklan fatwa No.B-149/MUI-DIY/FATWA/IX/2007 tentang Al Qiyadah Al Islamiyah
Pertama : Aliran Al Qiyadah Al Islamiyah yang dikembangkan oleh Al Masih AlMaw’ud dan mengaku dirinya sebagai nabi dan Raasul dan diantara ajarannya adalah tidak percaya pada peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW serta tidak mengakui wajibnya sholat 5 waktu adalaha.Berada diluar Islamb.Sesat dan menyesatkanc.Orang islam yang mengikutinya adalah murtad (keluar dari Islam)
Kedua: Bagi mereka yang terlanjur mengikuti Aliran Al Qiyadah Al Islamiyah supayasegera taubat dan kembali kepada ajaran Islam yang benar (ar-ruju’ ilal haq)
Ketiga: Mengusulkan kepada pemerintah untuk :
a.Melarang penyebaran ajaran Al Qiyadah Al Islamiyahb.Melarang dan menutup semua tempat kegiatannyac.Mencabut dan melarang beredar buku “Ruhul Qudus Yang Turun kepada Al Masih Al Maw’ud” dan buku-buku yang lain yang sejenis, sesuai dengan Penetapan Presiden No. 4 tahun 1963.d.Orang-orang yang terlibat dalam penyebaran paham tersebut agar ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku berdasarkan Penetapan Presiden No. 1 tahun 1965 tentang “Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama” sebab bahwa dalam buku tersebut pada butir c. banyak mengutip ayat-ayat Al Quran dan Hadist-Hadist Nabi yang dipahami menyimpang.
“Ruhul Qudus Yang Turun kepada Al Masih Al Maw’ud” yang diterbitkan Al Qiyadah Al Islamiyah. (http://www.kr.co.id 7 November 2007)

Puncak Kehidupan Muslim, Juli 2007

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ.
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اتَقُوا اللهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللهَ إِنَّ اللهَ خَبِيْرٌ بِمَا تَعْمَلُوْنَ.
أَمَّابَعْدُ؛
Qolallhohu Ta’ala fil Qur’anil adzim :
$pkš‰r'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) Ÿ@ŠÏ% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? †Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs¡øù$$sù Ëx¡øÿtƒ ª!$# öNä3s9 ( #sŒÎ)ur Ÿ@ŠÏ% (#râ“à±S$# (#râ“à±S$$sù Æìsùötƒ ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_u‘yŠ 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎Î7yz
Sidang juma’h rohimakumullah,
Sedoyo puji kagunganipun Allah SWT
Shahadat
Sholawat sarto salam dhumateng kanjeng Nabi Muhammad Saw
Monggo kita sami ningkataken keimanan
Ningkataken kethoatan kanthi midherek dhawuhipun Allah SWT lan Rosulipun Kanjeng Nabi Muhammad Saw, sarta nebihi ingkang dipun awisi

Sidang juma’h rohimakumullah,
Wekdal puniko poro putro putri sarta adik – adik kito mlebet sekolah ingkang tingkat sanginggilipun
Tujuan pendidikan :
Berkepribadian Islam
Mempunyai ketrampilan hidup

Masalah : Awisipun biaya pendidikan, produk pendidikan (sekulierisme)

$pkš‰r'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) Ÿ@ŠÏ% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? †Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs¡øù$$sù Ëx¡øÿtƒ ª!$# öNä3s9 ( #sŒÎ)ur Ÿ@ŠÏ% (#râ“à±S$# (#râ“à±S$$sù Æìsùötƒ ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_u‘yŠ 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎Î7yz
Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (TQS Al Mujaadalah : 11)

tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#rãy_$ydur (#r߉yg»y_ur ’Îû È@‹Î6y™ «!$# ôMÏlÎ;ºuqøBr'Î/ öNÍkŦàÿRr&ur ãNsàôãr& ºpy_u‘yŠ y‰YÏã «!$# 4 y7Í´¯»s9'ré&ur ç/èf tbrâ“ͬ!$xÿø9$# ÇËÉÈ
Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih Tinggi derajatnya di sisi Allah; dan Itulah orang-orang yang mendapat kemenangan. (TQS At Taubah : 20)
!$¯RÎ) !$uZø9t“Rr& y7ø‹s9Î) =»tGÅ3ø9$# Èd,ysø9$$Î/ zNä3óstGÏ9 tû÷üt/ Ĩ$¨Z9$# !$oÿÏ3 y71u‘r& ª!$# 4 Ÿwur `ä3s? tûüÏZͬ!$y‚ù=Ïj9 $VJ‹ÅÁyz ÇÊÉÎÈ
Sesungguhnya kami Telah menurunkan Kitab kepadamu dengan membawa kebenaran, supaya kamu mengadili antara manusia dengan apa yang Telah Allah wahyukan kepadamu, dan janganlah kamu menjadi penantang (orang yang tidak bersalah), Karena (membela) orang-orang yang khianat[347], (TQS Ali Imran : 105)

[347] ayat Ini dan beberapa ayat berikutnya diturunkan berhubungan dengan pencurian yang dilakukan Thu'mah dan ia menyembunyikan barang curian itu di rumah seorang Yahudi. Thu'mah tidak mengakui perbuatannya itu malah menuduh bahwa yang mencuri barang itu orang Yahudi. hal Ini diajukan oleh kerabat-kerabat Thu'mah kepada nabi s.a.w. dan mereka meminta agar nabi membela Thu'mah dan menghukum orang-orang Yahudi, kendatipun mereka tahu bahwa yang mencuri barang itu ialah Thu'mah, nabi sendiri hampir-hampir membenarkan tuduhan Thu'mah dan kerabatnya itu terhadap orang Yahudi.
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ.
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

Fatwa Aliran Sesat, Juli 2007

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ اَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَ دِيْنِ الْحَقِّ
لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكاَفِرُوْنَ
أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ
وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ،
اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَاَصَحاَبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْساَنٍ إِلِى يَوْمِ الدِّيْنِ
فَياَ أَيُّهاَ النَّاسُ: أُصِيْكُمْ وَإِياَّيَ بِتَقْوَى اللهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Qolallhohu Ta’ala fil Qur’anil adzim :

$¨B tb%x. JptèC !$t/r& 7‰tnr& `ÏiB öNä3Ï9%y`Íh‘ `Å3»s9ur tAqß™§‘ «!$# zOs?$yzur z`¿ÍhŠÎ;¨Y9$# 3 tb%x.ur ª!$# Èe@ä3Î/ >äóÓx« $VJŠÎ=tã
Majelis Ulama Indonesia (MUI) menetapkan 10 kriteria pedoman agar tidak tersesat. Pedoman identifikasi aliran sesat dikemukakan dalam penutupan rakernas MUI di Hotel Sari Pan Pacific, Jl MH Thamrin, Jakarta, Selasa (6/11/2007).Berikut kriterianya:1. Mengingkari salah satu dari rukun iman yang 6.2. Meyakini dan atau mengikuti aqidah yang tidak sesuai dengan Alquran dan sunnah.3. Meyakini turunnya wahyu setelah Alquran.4. Mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Alquran.5. Melakukan penafsiran Alquran yang tidak berdasarkan kaidah-kaidah tafsir.6. Mengingkari kedudukan hadis nabi sebagai sumber ajaran Islam.7. Menghina, melecehkan dan atau merendahkan para nabi dan rasul.8. Mengingkari Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul terakhir.9. Mengubah, menambah dan atau mengurangi pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan oleh syariah, seperti haji tidak ke baitullah, salat wajib tidak 5 waktu.10. Mengkafirkan sesama muslim tanpa dalil syar'i seperti mengkafirkan muslim hanya karena bukan kelompoknya.
(detikcom 06/11/2007 12:32 WIB)

PERNYATAAN BERSAMA FORUM UMAT ISLAMBERKENAAN DENGAN MUNCULNYA NABI PALSU & ALIRAN SESAT
Jelas munculnya pengakuan suatu kelompok atas seseorang sebagai Rasul yang diutus dengan suatu syahadat adalah suatu bentuk kemungkaran yang merusak kesucian aqidah Islam yang hanya mengakui Nabi Muhammad saw. sebagai Nabi dan Rasul terakhir dan tidak akan ada Nabi/Rasul lagi sesudah beliau saw. sebagaimana firman Allah SWT:
$¨B tb%x. JptèC !$t/r& 7‰tnr& `ÏiB öNä3Ï9%y`Íh‘ `Å3»s9ur tAqß™§‘ «!$# zOs?$yzur z`¿ÍhŠÎ;¨Y9$# 3 tb%x.ur ª!$# Èe@ä3Î/ >äóÓx« $VJŠÎ=tã
Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu (QS. AL Ahzab 40).

Juga menikam hadits Rasulullah saw.:
كَانَتْ بَنُو إِسْرَائِيلَ تَسُوسُهُمْ اْلأَنْبِيَاءُ كُلَّمَا هَلَكَ نَبِيٌّ خَلَفَهُ نَبِيٌّ وَإِنَّهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدِي وَسَيَكُونُ خُلَفَاءُ فَيَكْثُرُونَ قَالُوا فَمَا تَأْمُرُنَا قَالَ فُوا بِبَيْعَةِ اْلأَوَّلِ فَاْلأَوَّلِ أَعْطُوهُمْ حَقَّهُمْ فَإِنَّ اللهَ سَائِلُهُمْ عَمَّا اسْتَرْعَاهُمْ
“Dulu Bani Israil diurus dan dipelihara dan dipelihara oleh para Nabi. Setiap kali seorang Nabi meninggal, Nabi yang lain menggantikannya. Sesungguhnya tidak ada Nabi sesudahku dan akan ada para khalifah, yang berjumlah banyak” Para sahabat bertanya “Lalu apa yang engkau perintahkan kepada kami?” Nabi saw. Bersabda: “Penuhilah baiat yang pertama saja, dan berikanlah kepada mereka yang berhak. Sesungguhnya Allah akan meminta pertanggungjawaban mereka atas apa saja yang mereka urus”. (HR.Sahih Al Bukhari, Juz 11/271).

Untuk menjaga kemurnian dan kebersihan aqidah masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim ini serta dalam rangka menghentikan proses perusakan dan penghancuran aqidah masyarakat di Negara muslim terbesar di dunia ini, maka FORUM UMAT ISLAM menyatakan:
Kelompok yang menamakan dirinya “Al Qiyadah” (Kepemimpinan) yang telah mendeklarasikan pemimpinnya Ahmad Mosadeq sebagai Rasul baru adalah kelompok sesat dan menyesatkan.
Kelompok ini dan siapapun yang di belakangnya telah sengaja secara keji menodai dan merusak aqidah umat Islam.
Kelompok ini dan siapapun yang di belakangnya telah sengaja secara keji memberikan citra buruk kepada ormas/partai/kelompok yang memiliki identitas Islam dengan telah mencatut nama yang baik Al Qiyadah, sebagaimana pencatutan nama untuk membuat citra buruk seperti “Komando Jihad”, “Al Jamaah Al Islamiyyah”.
Untuk itu FUI menyerukan :
Kepada para ulama dan pimpinan ormas Islam agar merapatkan barisan dan mempererat ukhuwah Islamiyah dalam menangkal bahaya kelompok sesat tersebut maupun lainnya.
Kepada para ulama dan pimpinan ormas Islam agar meningkatkan pembinaan aqidah dan syariah Islam kepada umat agar memiliki kesadaran yang utuh terhadap aqidah dan syariah sebagai kesempurnaan agama Islam yang dipeluknya sehingga dapat membentengi diri dari pengaruh buruk aliran sesat dan menyesatkan.
Kepada Pemerintah RI/Kapolri/Jaksa Agung untuk segera membubarkan kelompok sesat dan menyesatkan tersebut serta menangkap para pemimpinnya serta membongkar konspirasi dan dalang yang ada di belakangnya karena telah melakukan penodaan agama Islam .
Wassalamu’alaikum wr.wb.
Jakarta, 15 Syawal 1428H/26 Oktober 2007
Atas Nama Umat Islam Indonesia
Ketua FUI Sekjen FUI Mashadi Moh. Al- Khathath

Dewan Pimpinan Majels Ulama Indonesia D.I. Yogyakarta pada tanggal 28 September 2007, menegluarklan fatwa No.B-149/MUI-DIY/FATWA/IX/2007 tentang Al Qiyadah Al Islamiyah
Pertama : Aliran Al Qiyadah Al Islamiyah yang dikembangkan oleh Al Masih AlMaw’ud dan mengaku dirinya sebagai nabi dan Raasul dan diantara ajarannya adalah tidak percaya pada peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW serta tidak mengakui wajibnya sholat 5 waktu adalaha.Berada diluar Islamb.Sesat dan menyesatkanc.Orang islam yang mengikutinya adalah murtad (keluar dari Islam)
Kedua: Bagi mereka yang terlanjur mengikuti Aliran Al Qiyadah Al Islamiyah supayasegera taubat dan kembali kepada ajaran Islam yang benar (ar-ruju’ ilal haq)
Ketiga: Mengusulkan kepada pemerintah untuk :
a.Melarang penyebaran ajaran Al Qiyadah Al Islamiyahb.Melarang dan menutup semua tempat kegiatannyac.Mencabut dan melarang beredar buku “Ruhul Qudus Yang Turun kepada Al Masih Al Maw’ud” dan buku-buku yang lain yang sejenis, sesuai dengan Penetapan Presiden No. 4 tahun 1963.d.Orang-orang yang terlibat dalam penyebaran paham tersebut agar ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku berdasarkan Penetapan Presiden No. 1 tahun 1965 tentang “Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama” sebab bahwa dalam buku tersebut pada butir c. banyak mengutip ayat-ayat Al Quran dan Hadist-Hadist Nabi yang dipahami menyimpang.
“Ruhul Qudus Yang Turun kepada Al Masih Al Maw’ud” yang diterbitkan Al Qiyadah Al Islamiyah. (http://www.kr.co.id 7 November 2007)